Beranda | Artikel
Redaksi Bacaan Istighfar - Bagian ke-1 - Fiqih Doa dan Dzikir (Ustadz Abdullah Zaen, M.A.)
Senin, 23 Maret 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Zaen

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abdullah Zaen, M.A.

Ringkasan Ceramah Agama: Redaksi Bacaan Istighfar (Bagian ke-1)

Pada kajian kali ini, Ustadz Abdullah Zaen akan menjelaskan tentang hal-hal yang berkaitan dengan bacaan istighfar, yaitu tentang redaksi bacaan istighfar. Sebelumnya beliau telah menjelaskan tentang keutamaan istighfar dalam beberapa sesi.

Redaksi istighfar yang dimaksud di sini adalah lafadz di dalam kita memngucapkan istighfar. Di antara redaksi bacaan istighfar adalah sebagai berikut:

1. Redaksi bacaan istighfar yang di dalam Surat Ali-Imran ayat ke-147, yaitu:

ربَّنَا اغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَإِسْرَافَنَا فِي أَمْرِنَا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

“Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebih-lebihan dalam urusan kami dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.”

2. Redaksi bacaan istighfar yang terdapat di Surat Ali-Imran ayat ke-16, yaitu:

رَبَّنَا إِنَّنَا آمَنَّا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah beriman, maka ampunilah segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa neraka.”

3. Redaksi istighfar yang terdapat di Surat Ali-Imran ayat ke-193, yaitu:

رَّبَّنَا إِنَّنَا سَمِعْنَا مُنَادِياً يُنَادِي لِلإِيمَانِ أَنْ آمِنُواْ بِرَبِّكُمْ فَآمَنَّا رَبَّنَا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّئَاتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ الأبْرَارِ

“Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar (seruan) yang menyeru kepada iman, (yaitu): “Berimanlah kamu kepada Tuhanmu”, maka kamipun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah bagi kami dosa-dosa kami dan hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang banyak berbakti.”

4. Redaksi istighfar yang terdapat di Surat Al-Mu’minun ayat ke-109, yaitu:

رَبَّنَا آمَنَّا فَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا وَأَنتَ خَيْرُ الرَّاحِمِينَ

“Ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkau adalah Pemberi rahmat Yang Paling Baik.”

5. Redaksi istighfar yang di dalam Surat At-Tahrim ayat ke-8, yaitu:

“Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Download Ceramah Agama: Redaksi Bacaan Istighfar (Bagian ke-1)

Jangan lupa untuk membagikan link download ceramah kepada saudara-saudara kita melalui akun Facebook, Twitter, dan Google+ kita. Semoga Allah membalas amal kebaikan kita. Aamiin.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/12365-redaksi-bacaan-istighfar-bagian-ke-1-fiqih-doa-dan-dzikir-ustadz-abdullah-zaen-ma/